Lakukan Silaturahmi, Rasakan Manfaatnya

Setelah merasakan sensasi kemacetan saat mudik, tentunya sebagai umat muslim kita juga harus menjalani esensi utama dari pulang kampung, yaitu bersilaturahmi. Ya, hari raya Idul Fitri menjadi salah satu ajang silaturahmi dengan para kerabat. 

Silaturahmi sendiri memiliki arti kasih sayang terhadap sesama. Silaturahmi sendiri diperuntukan bagi keluarga dan teman. Dalam hadits, disebutkan bahwa silaturahmi memiliki banyak keutamaan. Contohnya, dilapangkan rezeki serta dipanjangkan umurnya. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menginginkan untuk diluaskan rezekinya serta diundur ajalnya : hendaklah ia bersilaturahmi.”

Selain dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya, silaturahmi memiliki banyak keutamaan serta manfaat lainnya. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini. 

  1. Membuka Jalan Menuju Pintu Surga

Silaturahmi merupakan syariat dari Allah SWT yang dapat membukakan pintu surga serta menjauhkan dari api neraka. Jadi, bersilaturahmilah agar langkah kita semakin dekat dengan surga. 

Hal tersebut ditegaskan dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim: “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” – (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

  1. Menggugurkan Dosa 

Banyak sekali amalan di bulan Ramadhan yang dapat kita lakukan untuk menggugurkan dosa-doa. Di hari raya Idul Fitri, dosa-dosa pun dapat digugurkan dengan bersilaturahmi. Seorang ulama berkata bahwa berjabat tangan dapat menambah kecintaan. Sunnah berjabatan ini, tentu saja hanya boleh dilakukan oleh sesama muhrim, ya. 

Jika dilaksanakan dengan benar, sunnah berjabatan tangan tidak hanya menunjukan perilaku hangat tapi juga dapat membuat kita terhindar dari perbuatan dosa akibat perselisihan. Dengan berjabat tangan, kita dapat meluruskan kesalahpahaman yang pernah terjadi. Sesuai dengan penjelasan sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud no. 5212 dan at-Tirmidzi no. 272, dishahihkan oleh al-Albani).

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT 

Allah SWT memerintahkan kita sebagai umat muslim untuk melaksanakan silaturahmi. Rasulullah pernah bersabda: “Allah ‘azza wa jalla berfirman: Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” – (Hadis Riwayat Ahmad).  

Sesuai dengan hadits di atas, maka Allah tak segan-segan untuk memutus hubungan bagi hamba-Nya yang tidak melaksanakan silaturahmi dengan baik. Sebaliknya, jika kita rutin bersilaturahmi maka Allah akan memberikan pahala serta menjaga keutuhan tali persaudaraan. 

  1. Memperpanjang Umur dan Melapangkan Rezeki 

Bersilaturahmi dengan mengunjungi sanak saudara akan memperpanjang umur kita serta melapangkan rezeki. Silaturahmi merupakan amalan yang jika dilakukan dengan baik akan mendapatkan pahala yang besar. Hal tersebut seperti yang tercantum dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim). Selain bermanfaat di dunia, silaturahmi bermanfaat untuk kebaikan di akhirat kelak. 

  1. Menciptakan Kerukunan dan Keharmonisan

Selain merupakan keutamaan yang sangat mulia di mata Allah, silaturahmi juga bermanfaat bagi kehidupan sosial kita. Bersilaturahmi dapat menciptakan kerukunan dan juga keharmonisan. Inilah yang menjadikan hari raya kerap menjadi momentum untuk saling bermaaf-maafan agar keharmonisan tetap terjaga. Sebab, setiap manusia tentu memiliki kesalahan sekecil apapun. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top