Memberikan Hadiah kepada Tetangga: Bersedekah Sekaligus Bersilaturahmi

Sebagai agama yang sempurna, islam kerap memberikan kemudahan bagi umatnya dalam beribadah. Seperti melaksanakan ibadah sekaligus, contohnya bersedekah sembari bersilaturahmi. Dengan begitu pahala dan berkah yang didapatkan pun akan semakin besar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memberikan hadiah kepada tetangga. Ya, selain menyenangkan hati tetangga dengan memberikan sedekah, kita juga saling bersilaturahmi untuk membangun rasa kasih sayang. Yuk, kita bahas lebih dalam lagi. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Saling menghadiahkanlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari). Berdasarkan hadits tersebut, kita tahu bahwa Rasulullah menganjurkan umatnya untuk saling memberikan hadiah kepada tetangga, apapun bentuknya. Selama barang tersebut dapat membuat hati tetangga kita berbahagia, maka sangat diperbolehkan. Satu lagi, kita tidak perlu memberikan barang yang mewah dan mahal. Contohnya, kita bisa memberikan kue buatan tangan sendiri. 

Selain menyenangkan hati tetangga, memberikan hadiah kepada mereka juga dapat menjadi jalan silaturahmi agar dapat saling menyayangi. Seperti yang kita ketahui, silaturahmi merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Apalagi, tetangga merupakan orang terdekat dari rumah kita. Jika silaturahmi dilaksanakan dengan baik, kita pun dapat hidup saling berdampingan dan bahu-membahu. Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan mengenai anjuran bersilaturahmi: 

Dari Anas bin Malik RA, katanya, saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang ingin supaya dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah dia memperhubungkan silaturahim (HR Bukhari).

Dalam Hadits yang cukup terkenal, Rasulullah saw bersabda: 

Dari Abu Yusuf Abdullah bin salam RA berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Wahai sekalian manusia, sebar luaskanlah salam, berilah makanan, hubungkanlah tali persaudaraan/kasih sayang, dan shalatlah saat orang-orang sedang tidur, niscaya kalian semua akan masuk surga dengan selamat. (HR Atturmudzy).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top