Mendatangkan Pahala dengan Bersiwak

Bersiwak merupakan kegiatan membersihkan gigi dengan siwak yang masih cukup populer di negara Timur Tengah dan beberapa negara Afrika. Dalam Islam, siwak memiliki manfaat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri untuk mencegah dua penyakit umum yang terjadi, yaitu gigi berlubang serta penyakit gusi. 

Rasulullah SAW pun pernah bersabda, setiap muslim sebaiknya bersiwak atau menggosok gigi terlebih dahulu sebelum berwudhu.

طيِّبُوا أفواهَكُم بالسواكِ ، فإِنَّها طُرُقُ القرآنِ 

“Mulutmu adalah jalan Al-Quran maka bersihkanlah dengan bersiwak.” (HR Abu Nu’aim dalam dalam Al-Hilyah dari jalur Ali bin Abi Thalib. Hadits ini juga diriwayatkan Ibnu Majah) Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda tentang pentingnya bersiwak sebelum melaksanakan sholat. Beliau bersabda: 

صلاة بسواك خير من سبعين صلاة بغير سواك 

“Sholat yang didirikan setelah bersiwak lebih baik nilainya 75 kali lipat daripada sholat yang dilakukan tanpa diawali dengan bersiwak.” (HR Abu Dawud dan Al Hakim, keduanya menshahihkan hadits ini). 

Awalnya, karena melihat betapa pentingnya bersiwak, Rasulullah SAW hendak memerintahkan umat muslim untuk bersiwak. Namun, beliau tidak mengeluarkan perintah tersebut karena takut memberatkan umatnya. 

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالْوُضُوءِ عِنْدَ كُلِّ صَلَاةٍ

 “Seandainya aku tidak takut akan memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap hendak mendirikan shalat (pada saat berwudhu).” (HR Bukhari dan Muslim dari jalur Abu Hurairah). 

Oleh karena itu, bersiwak memiliki beberapa keutamaan, yaitu: 

1. Dapat membersihkan mulut 

2. Membuat Allah Ridha 

3. Membuat setan marah 

4. Disukai Allah dan Malaikat pencatat amal 

5. Dapat menguatkan gusi 

6. Menghilangkan lendir (dalam tenggorokan) 

7. Menyegarkan napas 

8. Menghilangkan cairan yang tidak berguna 

9. Menguatkan pandangan (mata) 

10. Menghilangkan bau busuk di mulut.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top