Menengok Tradisi Unik Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Jumlah penduduk muslim di dunia mencapai hingga 1,91 miliar. Artinya, selain Indonesia negara-negara lain pun kerap melangsungkan hari perayaan yang terdapat dalam agama islam, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Nah, menjelang Idul Adha, penasaran nggak sih bagaimana negara-negara lain menikmati hari perayaan tersebut? Apakah mereka juga memotong kambing dan sapi di lapangan? Yuk, kita simak yang berikut ini!

  1. Bazar Idul Adha, Singapura

Kita mulai dari negara tetangga dulu, ya. Yup, Singapura. Meskipun Islam tidak menjadi agama mayoritas di negara ini, tapi ternyata menjelang Idul Adha penduduk di sana juga menggelar sebuah acara, lho.

Acara tersebut bentuknya semacam bazar yang menjual berbagai bumbu-bumbu dapur untuk memasak daging kurban. Biasanya bazar yang kerap digelar di Geylay Serang dan Kampong Glam ini akan menjual bahan masak dengan harga terjangkau. 

  1. Menghias Hewan Qurban, Turki 

Tradisi unik selanjutnya datang dari negara Turki. Jika di Indonesia kambing dan sapi yang akan disembelih cukup dijaga kesehatannya, beberapa provinsi di Turki memiliki tradisi menghias hewan qurban. Setelah dimandikan biasanya para hewan akan dicat dengan henna serta pada tubuhnya dipasang pita warna-warni.

  1. Salty Eid dan Pasar Malam, Inggris

Jumlah penduduk islam di negara Inggris mencapai 2.660.116 atau 5,02% dari total penduduk. Oleh karena itu, menjelang hari raya Idul Adha  negara ini pun memiliki tradisi unik berupa Salty Eid. Penamaan Salty Eid disebabkan oleh hidangan-hidangan yang disajikan saat Idul Adha kebanyakan memiliki cita rasa gurih. 

Tak hanya itu, perayaan Idul Adha di Inggris biasanya diakhiri dengan berkunjung ke pasar malam yang terdapat di beberapa titik Britania Raya. 

  1. Perayaan Idul Adha 4 hari Penuh, Cina 

Di China, Idul Adha dirayakan selama empat hari penuh. Selain itu, pelaksanaan shalat Idul Adha di masjid hanya diperbolehkan untuk kaum pria, sedangkan wanita dilarang untuk shalat di masjid. 

Uniknya lagi, saat takbiran masyarakat Cina akan membakar hio yang kemudian dibawa ke dalam masjid dan ditancapkan ke mangkuk tempat hiu.  

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top