Mengapa Bulan Dzulhijjah Disebut Sebagai Bulan Haram?

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa karena setiap tanggal 1 Dzulhijjah diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha. Namun, meskipun begitu ternyata bulan ini termasuk ke dalam bulan haram. Apa itu bulan haram? Dinamakan bulan haram karena pada bulan tersebut Allah SWT melarang seluruh umatnya untuk berbuat dosa dan dinilai haram secara syariat Islam. 

Berdasarkan pendapat Al-Qadhi Abu Ya’la terdapat dua alasan dalam penamaan bulan haram ini. Pertama, pada bulan itu diharamkan berbagai pembunuhan dan perbuatan keji lainnya. Kedua, pada bulan tersebut diharamkan melakukan perbuatan haram. Meskipun pada bulan lainnya tindakan keji juga diharamkan, namun lebih ditekankan pada bulan yang termasuk bulan haram. 

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (terhormat). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” QS. At-Taubah:36

Berdasarkan ayat di atas dapat diketahui bahwa di antara dua belas bulan, terdapat empat bulan haram, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Artinya apabila kita melakukan perbuatan keji pada bulan-bulan tersebut dosa yang ditanggung pun akan lebih besar. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top