Perhatikan Hal yang Dilarang Saat Hari Raya Idul Fitri

Hampir sebulan sebagai umat muslim kita telah menjalankan ibadah puasa. Artinya, perayaan Idul Fitri pun segera datang. Nah, meskipun saat lebaran kita sudah diperbolehkan untuk makan dan minum seperti biasa, bukan berarti tidak terdapat larangan-larangan yang harus dihindari, ya. Idul Fitri memang boleh dirayakan dengan bersenang-senang, tapi jangan lupa untuk tetap menjalankan syariat Allah. 

Berikut beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan pada hari raya Idul Fitri:

  1. Makan Berlebihan 

Meski puasa telah berakhir, bukan berarti kita diperbolehkan melampiaskan nafsu yang terpendam selama bulan Ramadhan kemarin. Makan dengan tidak berlebihan tetap dianjurkan, mengingat segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. 

Selain itu, masyarakat Indonesia memiliki tradisi menyuguhkan banyak makanan saat hari raya berlangsung. Walaupun begitu, kita tetap harus menahan diri untuk tidak menghabiskan makanan  yang telah disediakan. 

Hal tersebut ditegaskan oleh pernyataan Imam Syafi’i: “kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

  1. Puasa 

Selain makan dengan berlebihan, puasa di hari raya juga merupakan tindakan yang dilarang dan hukumnya haram. Hal tersebut dikarenakan kita telah menyelesaikan kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan, oleh karena itu dilarang untuk melaksanakan puasa tepat pada hari raya. Hadis Riwayat Abu Hurairah r.a disebutkan bahwa: “Sesungguhnya Rasulullah Saw melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.”

  1. Menunda Ibadah 

Jika saat bulan puasa kemarin kita sangat rajin beribadah, teruskanlah. Saat perayaan Idul Fitri, rumah kita kerap kedatangan banyak tamu serta saudara dalam rangka silaturahmi. Meskipun silaturahmi tentu memiliki banyak manfaat, bukan berarti kita sebagai umat muslim dapat menunda ibadah di hari kemenangan. 

Segerakanlah shalat jika sudah tiba waktunya, setelah itu kita bisa kembali bercengkrama dengan para tamu. Jangan lupa untuk mendahulukan kepentingan akhirat di atas duniawi. Dalam sebuah hadis Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa: 103).

  1. Berbusana Seperti Orang Kafir 

Mengenakan pakaian terbaik saat hari raya memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Apalagi, kita juga harus menyambut kerabat, otomatis pakaian yang dikenakan harus pakaian yang bagus dan rapi. Meskipun begitu, kita tetap harus mengingat apa yang disyariatkan Allah. Jangan karena ingin tampil maksimal, kita jadi mengenakan pakaian yang berlebihan dan bahkan menyerupai orang kafir. Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah: “barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan dari mereka.” 

Sabda tersebut bermaksud mengingatkan kita untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Hindari berpakaian yang memperlihatkan aurat dan mengundang nafsu bagi lawan jenis.

  1. Bersalaman dengan Non Muhrim 

Datangnya hari raya memang membuat kita dapat bersilaturahmi dengan banyak orang. Namun, tetap perlu diingat ya bahwa bersalaman dengan yang bukan muhrim merupakan hal yang melanggar syariat. Seperti yang kita ketahui, dalam islam laki-laki dilarang menyentuh perempuan yang bukan muhrimnya. 

  1. Berlebihan dalam Berfoya-foya 

Seringkali kita terlena dengan tradisi lebaran yang serba meriah. Hal itu sah-sah saja dilakukan, mengingat kita memang merayakan hari kemenangan. Namun, jangan lupa untuk tetap mengucapkan syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah SWT, sehingga masih dapat bertemu dengan hari raya Idul Fitri. Selain itu, tidak diperkenankan untuk berfoya-foya secara berlebihan, misalnya dengan membeli perabotan rumah baru ataupun membeli banyak baju. 

Allah SWT berfirman, “Tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS Al An’am: 141).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top