Peristiwa Penting di Bulan Dzulqa’dah

Seperti yang telah disampaikan pada artikel inspiratif 4 Amalan di Bulan Dzulqa’dah , bahwa bulan Dzulqa’dah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, penting bagi umat muslim untuk melakukan amalan-amalan baik yang dianjurkan.

Tidak hanya itu saja, di bulan Dzulqa’dah pun kerap terjadi peristiwa penting yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Nah, untuk mengetahuinya kita simak penjelasan berikut ini, yuk!

  1. Rasulullah Melaksanakan Haji Wada’

Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui apa itu Haji Wada’. Haji Wada’ adalah haji perpisahan yang merupakan haji terakhir untuk Nabi Muhammad SAW. Pada tanggal 6 Dzulqa’dah tahun ke-10 Hijriyah Rasulullah SAW berangkat dari Madinah menuju Mekkah untuk melaksanakan Haji Wada’.

2. Berlangsungnya Perang Bani Quraizhah

Perang Bani Quraizhah merupakan peperangan besar-besaran atas Bani Quraizhah yang terjadi pada akhir Dzulqa’dah dan awal Dzulhijjah tahun ke-5 Hijriyah. Bani Quraizhah sendiri merupakan salah satu suku kabilah Yahudi di Madinah. Perang ini disebabkan oleh pengkhianatan kaum Yahudi terhadap kesepakatan yang telah disetujui bersama, oleh karena itu munculah petintah untuk memerangi suku ini.

3. Umrah Qadha

Umrah Qadha adalah umrah pengganti yang sebelumnya terhalang. Tepatnya pada bulan Dzulqa’dah tahun ke-7 Hijriyah, Rasulullah SAW dan sahabat melakukan Umrah Qadha’. Hal ini disebabkan oleh kaum kafir Quraisy yang mencegah Rasulullah SAW dan para sahabat pada tahun lalu saat hendak melaksanakan umrah.

4. Wafatnya Imam Abu Bakr Al-Baqillani

Imam Abu Bakr Al-Baqillani merupakan seorang ulama ahli kalam yang sangat terkenal. Beliau wafat pada tanggal 7 Dzulqa’dah tahun 403 Hijriyah.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Dzulqa’dah, semoga dengan mengetahuinya kita dapat lebih memuliakan bulan ini.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top