Sapi atau Kambing? Mana yang Lebih Baik untuk Dikurbankan?

Kurban adalah ibadah yang dilakukan dengan membeli hewan ternak untuk dikurbankan. Jenis hewan yang biasa dikurbankan di Indonesia sendiri adalah sapi atau kambing.

Selain sapi dan kambing yang memang mudah didapati, diperkenankan juga untuk menyembelih unta, kerbau, dan domba.

Seekor kambing diperuntukkan bagi satu orang saja. Sementara itu, seekor sapi diperkenankan untuk dibeli secara bersama-sama (patungan) dengan jumlah 7 orang.

Lantas, mana yang lebih baik antara patungan membeli sapi dan membeli sendiri seekor kambing?

Sapi atau Kambing, Mana yang Lebih Baik?

Terdapat beberapa perbedaan pendapat dari para ulama mengenai mana yang lebih baik untuk dikurbankan.

Dalam Kitab Al Majmu’ Syarah Al Muhadzab Juz 8 halaman 371, Imam Nawawi memaparkan sejumlah pandangan ulama tentang keutamaan hewan kurban.

“Ada urutan keutamaan hewan kurban menurut Imam Nawawi,” ujar ustaz Abdurrachman Asy Syafi’i.

مَذْهَبُنَا أَنَّ ﺃَﻓْﻀَﻞَ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ بِاﻟْﺒَﺪْﻧَﺔِ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓِ ﺛُﻢَّ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺛُﻢَّ اﻟﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺑِﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮْ ﺣَﻨِﻴْﻔَﺔَ ﻭَﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﺩَاﻭُﺩٌ

Mazhab kami (mazhab Imam Syafi’i) berpendapat bahwa paling utama berkurban dengan unta, kemudian sapi, kemudian domba, kemudian kambing. Pendapat tersebut disetujui oleh Imam Abu Hanifah, Imam Ahmad, dan Imam Daud.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎﻟِﻚٌ ﺃَﻓْﻀَﻠُﻬَﺎ اﻟْﻐَﻨَﻢُ ﺛُﻢَّ اﻟْﺒَﻘَﺮُ ﺛُﻢَّ الْإِﺑِﻞُ ﻗَﺎﻝَ ﻭَاﻟﻀَّﺄْﻥُ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺛُﻬَﺎ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﻓُﺤُﻮْﻝِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﻓُﺤُﻮْﻝُ اﻟﻀَّﺄْﻥِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺇِﻧَﺎﺙِ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﻭَﺇِﻧَﺎﺙُ اﻟْﻤَﻌْﺰِ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ الْإِﺑِﻞِ ﻭَاﻟْﺒَﻘَﺮِ

Sementara itu, Imam Malik berkata bahwa yang paling utama ialah kambing, kemudian sapi, kemudian unta.

Beliau berkata domba lebih utama dari kambing jawa. Domba betina lebih utama dari kambing jantan, domba jantan lebih baik dari kambing betina, dan kambing betina lebih baik dari unta dan sapi.

Selanjutnya, Abdurrachman Asy Syafi’i menjelaskan bahwa Imam Nawawi dalam kitab yang sama pada Juz 8 halaman 368 menerangkan bahwa kurban domba sendiri lebih utama dari kurban sapi patungan.

ﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﺑِﺸَﺎﺓٍ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦَ اﻟﻤُﺸَﺎﺭَﻛَﺔِ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﺪْﻧَﺔً ﺃَﻭْ ﺑِﺴَﺒْﻊٍ ﺑَﻘَﺮَﺓً ﺑِﺎلاِﺗِّﻔَﺎﻕِ ﻟِﻤَﺎ ﺫَﻛَﺮَﻩُ اﻟْﻤُﺼَﻨِّﻒُ

Kurban dengan satu domba lebih utama dari pada patungan tujuh orang dengan satu unta atau patungan tujuh orang dengan satu sapi, dengan kesepakatan para ulama, sebagaimana yang dikatakan mushonnif (Imam Syairoziy).

ﻭَﺳَﺒْﻊٌ ﻣِﻦَ اﻟْﻐَﻨَﻢِ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻣِﻦْ ﺑَﺪْﻧَﺔٍ ﺃَﻭْ ﺑَﻘَﺮَﺓٍ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺻَﺢِّ اﻟْﻮَﺟْﻬَﻴْﻦِ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ ﺇِﺭَاﻗَﺔِ اﻟﺪَّﻡِّ

Dan tujuh kambing lebih utama dari pada satu unta atau satu sapi menurut pendapat yang paling sahih dari dua pendpat, karena banyaknya menumpahkan darah kurban.

(ﻭَاﻟﺜَّﺎﻧِﻲ) ﺃَﻥَّ اﻟْﺒَﺪْﻧَﺔَ ﺃَﻭِ اﻟْﺒَﻘَﺮَﺓَ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻟِﻜَﺜْﺮَﺓِ اﻟﻠَّﺤْﻢِ

Pendapat kedua mengatakan unta atau sapi lebih utama karena lebih banyak daging.

Berdasarkan pendapat para ulama, dapat dikatakan bahwa baik sapi maupun kambing sama-sama baik dan sama-sama memiliki keutamaan sendiri. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan dengan niat yang tulus.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top