Siapa Orang yang Utama Disedekahkan?

Sedekah merupakan amalan yang mudah dan banyak pilihan untuk dilakukan, mulai dari caranya, jenisnya, dan siapa orang yang disedekahkan.

Amalan sunah ini memilii banyak kebaikan yang tidak disadari oleh semua orang, membutuhkan keimanan yang kuat untuk dapat melakukan sedekah dengan niat karena Allah SWT.

Di tengah beragam jenis dan pilihan tersebut, orang-orang kerap melakukan sedekah dengan cara yang mudah, yaitu yang mereka temukan di jalan, pasar, atau tempat makan.

Meski memang tidak memiliki aturan resmi, terdapat orang-orang yang utama untuk disedekahkan. Berikut adalah orang-orangnya.

1. Sedekah kepada Keluarga

Bentuk sedekah yang paling utama adalah dengan memberi nafkah kepada keluarga sendiri. Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seorang Muslim berinfak atau menafkahi keluarganya semata-mata mengharap ridho Allah, hal itu termasuk amalan sedekah yang dicintai Allah.” (HR. Muslim)

2. Sedekah kepada Orang-Orang Terdekat

Sayyid Sabiq dalam buku Fikih Sunnah-Jilid 2 menjelaskan bahwa sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada orang-orang terdekat.

Orang-orang terdekat yang dimaksud adalah kerabat dan tetangga sekitar rumah. Seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

“Bersedekah kepada orang miskin adalah salah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua kebaikan yaitu sedekah dan silaturahmi.”

Dengan bersedekah kepada orang terdekat, kita mendapat dua kebaikan sekaligus, yaitu kebaikan sedekah dan silaturahmi.

3. Sedekah kepada Kerabat yang Memusuhi

Rasulullah juga menganjurkan umat Islam untuk bersedekah kepada kerabat yang memusuhi kita. Bahkan, amalan ini termasuk bentuk sedekah yang paling utama.

Hal tersebut dituliskan dalam sebuah hadis yang dikutip dari buku Berlomba Menuju Surga karya Khalid Abu Syadi dan Fathurrahman.

Rasulullah SAW bersabda:

“Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada dzawil arham (orang yang mempunya hubungan darah) yang menyimpan kebencian terhadapnya dan dilakukan secara tersembunyi” (HR. Thabrani dan Abu Dawud)

Sedekah kepada kerabat yang memusuhi dan membenci kita tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa benci antara keduanya. Harapannya, mereka sadar bahwa sesama umat Muslim tidak boleh saling memusuhi.

Itu tadi adalah 3 orang yang paling utama untuk diberikan sedekah.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top