Tabung Pahala dengan Amalan di Hari Rabu 

Sebagai umat muslim, kita pasti tahu bahwa hari Jumat memiliki banyak keutamaan, yang apabila dilaksanakan akan mendapat pahala besar. Tapi ternyata, selain hari Jumat, hari Rabu juga memiliki keutamaannya sendiri, sebab hari tersebut merupakan salah satu dari tujuh hari yang diciptakan oleh Allah SWT. 

Terdapat banyak amalan yang mendatangkan pahala bagi umat muslim jika dilaksanakan dengan baik. Amalan tersebut akan membuat hari Rabu mereka berjalan tanpa sia-sia. Berkit adalah amalan yang dianjurkan: 

  1. Hari Terbaik Untuk Memulai Kebaikan 

Dilansir dari situs online NU, Rabu merupakan hari dimulainya pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang pakar hadits dari Suriah dalam kitab Kasyf al-Khafa mengungkapkan bahwa ilmu adalah cahaya, sehingga kegiatan mencari ilmu juga dilakukan dimulai di hari diciptakannya cahaya.

  1. Perbanyak Doa Di Antara Zuhur dan Ashar 

Dari Jabir bin Abdillah RA diriwayatkan, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam berdoa sebanyak tiga kali di Masjid Al-Fath, yakni pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada hari Rabu, Rasulullah berdoa di antara dua shalat, dilihat dari kegembiraan yang dipancarkan oleh Rasulullah, doa beliau terkabul. Oleh karena itu, berdoa pada hari Rabu diyakini akan dikabulkan oleh Allah SWT. Jangan lupa, waktunya di antara Zuhur dan Ashar. 

  1. Berdzikir

Berdzikir pada hari Rabu akan menghapuskan titik gelap di dalam hati setiap umat muslim. Berikut bacaan dzikir di hari Rabu:

Astaghfirullahaladzim

Artinya: “Aku memohon keampunan kepada Allah.”

  1. Melantunkan Tilawah 

Dalam salah satu hadisnya, Rasulullah SAW pernah bersabda: 

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

  1. Bergegas ke Masjid

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِىَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top