Tanamkan Anak Untuk Bersedekah Sejak Kecil

Bersedekah merupakan hal yang perlu ditanamkan kepada anak sejak kecil. Seperti yang kita ketahui banyak sekali ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan betapa pentingnya sedekah. Meskipun bersedekah harus didasari dengan perasaan ikhlas, namun sebagai orang tua kita juga perlu menumbuhkan rasa ingin memberikan pada anak. Hal itu disebabkan karena perasaan tersebut tidak datang sendiri begitu saja, melainkan perlu dibiasakan. Nah, agar lebih mudah dalam menanamkan semangat untuk bersedekah, mari kita laksanakan tips berikut ini: 

  • Ajarkan Tentang Pentingnya Sedekah 

Sebelum mengajak anak untuk bersedekah, ada baiknya kita sebagai orang tua terlebih dahulu mengenalkan apa itu sedekah dan seberapa pentingnya. Kita bisa memulainya dengan menjelaskan mengapa seseorang perlu memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan. Selain itu, kita juga bisa menceritakan bagaimana perasaan bahagia ketika berhasil memberikan sesuatu kepada orang lain. 

  • Berikan Contoh Bersedekah Kepada Anak 

Memberikan contoh kepada anak merupakan hal penting karena anak otomatis akan melihat apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Apalagi, anak-anak lebih mudah mempelajari suatu hal melalui visual. Selain itu, jangan lupa untuk melaksanakan sedekah secara rutin sehingga anak tahu bahwa bersedekah merupakan sebuah kebiasaan yang menjadi bagian dari hidup mereka. 

  • Mengajak Anak Terlibat dalam Kegiatan Amal 

Setelah mengenalkan tentang sedekah serta memberikan contoh, pastikan sebagai orangtua kita mengajak anak untuk terlibat dalam kegiatan amal. Contohnya membantu kita saat membungkus makanan, memilah barang yang hendak disumbangkan, ataupun mengajak anak untuk membagi-bagikan makanan dan barang yang ingin diberikan kepada orang yang membutuhkan. 

  • Ajarkan Variasi Bersedekah yang Menarik 

Meskipun inti dari sedekah adalah membantu orang yang membutuhkan, namun kita bisa menghadirkan variasi yang berbeda agar anak lebih tertarik. Contohnya, menyumbangkan pakaian atau mainan lama untuk anak yang lebih membutuhkan, membagikan makanan, memberikan bingkisan, menjadi relawan dalam acara galang dana, dan sebagainya. 

  • Ajarkan Anak Bersedekah dari Lingkungan Terdekat 

Tidak perlu bingung dalam mengajarkan anak bersedekah, kita bisa mengajaknya untuk memberikan makanan, buku, pakaian, ataupun mainan yang sudah tidak terpakai kepada anak yatim yang tinggal di dekat rumah atau temannya di sekolah. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top