Tengok Sapi Termahal di Bawah Ini!

Jelang Idul Adha, harga sapi, kambing, ataupun hewan ternak lainnya melambung naik. Pada beberapa daerah bahkan dikabarkan harga seekor sapi mengalami kenaikan harga hingga satu juta rupiah. Wah, sangat mahal, ya. Meskipun mahal, jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan sapi atau kambing tersebut, sebab terkadang harga tidak menentukan kesehatan pada hewan. Selain itu, pilihlah hewan secermat mungkin agar sesuai yang disyariaatkan, ya. Nah, sebagai trivia menjelang Idul Adha, artikel ini akan membahas mengenai sapi termahal di dunia. Kira-kira apa yang membuat sapi-sapi tersebut mahal, ya? Yuk, kita tengok penjelasan di bawah ini.

Sapi Brahman

Sapi yang satu ini merupakan sapi keturunan India dan merupakan keturunan dari sapi Zebu (Bos Indicus). Sapi Brahman memiliki banyak keunggulan seperti memiliki bobot tubuh hingga 1 ton, memiliki daya tahan fisik yang kuat, dan tahan terhadap caplak (serangga pemakan darah). Dengan keunggulannya, sapi dengan punuk menonjol serta kulit bergelambir di bawah tubuhnya ini dihargai sekitar 36 juta rupiah. Wah-wah, sangat mahal ya.

Sapi Peranakan Ongole

Beralih dari sapi Brahman, kali ini terdapat sapi jenis peranakan Ongole. Sapi ini merupakan jenis sapi hasil perkawinan silang antara sapi Ongole dan sapi lokal Indonesia. Selain berbadan besar dan kuat, sapi pernakan Ongole juga memiliki keunggulan berupa jinak, tenang, tahan panas, serta mampu beradaptasi dengan kondisi terbatas. Dengan segala keunggulannya tersebut, sapi ini dibandrol sekitar 63 juta rupiah dengan bobot kira-kira 800 kilogram.

Sapi Limosin

Sapi Limosin pada awalnya merupakan sapi asal Perancis yang mulai dikembangkan dan dimanfaatkan di Indonesia. Digadang-gadang sebagai sapi kurban favorit para pejabat, sapi ini memiliki keunggulan seperti tingkat fertilisasinya yang tinggi, mudah berkembang biak, dan masih banyak lagi. Dengan bobot sekitar 1,1 ton sapi ini dijual seharga 90 juta rupiah.

Sapi Simental

Selain sapi-sapi yang telah disebutkan di atas, sapi simental pun kerap menjadi primadona. Pasalnya, sapi ini memiliki banyak keunggulan seperti tingkat pertumbuhan yang cepat, memiliki sistem reproduksi yang baik, serta dapat menghasilkan daging yang berkualitas. Wah, jika sudah diklaim begitu tidak perlu ragu ya dalam memilih sapi simental sebagai sapi qurban nanti. Sapi simental dewasa memiliki bobot 700-800 gram yang dapat dijual dengan harga 100 juta per ekornya.

Sapi Brangus

Terakhir adalah sapi Brangus yang dikabarkan sebagai sapi paling mahal. Sapi ini merupakan hasil kawin silang antara sapi Brahman dan sapi Angus. Itulah yang membuat ia dinamakan sapi Brangus. Sapi ini memiliki keunggulan berupa daya tahannya terhadap iklim yang minim dan meskipun ia hidup di kawasan rumput yang tidak terlalu bagus ia tetap dapat menghasilkan daging terbaik. Oleh karena itu, satu ekor sapi brangus dibrandol seharga 280 juta dengan berat kira-kira 1,3 ton.

Nah, bagi kalian yang juga ingin berqurban jangan lupa ya untuk berqurban serta berdonasi bersama Yayasan Sigma. Informasi selengkapnya kunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top