Tips Menjamu Kerabat di Hari Raya

Silaturahmi menjadi hal yang wajib untuk dilakukan saat hari raya. Oleh karena itu, sebagai tuan rumah kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Tidak perlu sempurna, cukup buat tamu nyaman saat berkunjung di rumah kita. Nah, agar tidak ada persiapan yang terlewatkan, yuk simak tips menjamu kerabat di hari raya Idul Fitri. 

  1. Jangan Paksa Tamu untuk Makan 

Menawarkan tamu yang datang ke rumah kita untuk makan memang dianjurkan. Namun, apabila tamu menolak kita tidak perlu merasa terhina. Sebab mungkin mereka sudah makan sebelum melakukan perjalanan ke sini. Selain itu, silaturahmi tidak hanya dilakukan di satu rumah saja bukan? Sehingga bisa saja para tamu sudah menerima makanan di rumah sebelumnya. 

Jadi, cukup mengajak tamu makan satu sampai dua kali, apabila tamu tetap menolak jangan berusaha memasaknya untuk makan. 

  1. Batasi Tamu Saat Makan di Rumah 

Meskipun situasi pandemi sudah cukup mereda dan pemerintah berhasil menggalakan program vaksin, jangan lupa untuk tetap waspada. Sebab, virus Covid-19 belum benar-benar menghilang dari muka bumi. Apalagi, saat lebaran banyak sekali orang berdatangan dari luar kota. Tentu hal ini cukup membuat kita harus waspada. Sayang kan, jika di hari raya yang menyenangkan ada anggota keluarga kita yang terpaksa sakit. 

Untuk itu, batasi orang-orang yang makan bersama di rumah. Jangan terlalu menciptakan kerumunan serta tetap terapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

  1. Bersihkan Ruang Tamu 

Menyambut tamu tidak hanya berbicara soal makanan saja, ya. Jangan lupakan soal kebersihan rumah, terutama ruang tamu yang nantinya akan menjadi tempat kita bersilaturahmi. Kita bisa memulainya dengan menyapu, mengepel, serta mengganti sarung bantal sofa. Selain itu, bisa juga memberikan wewangian di beberapa spot rumah. Hal itu berguna untuk menyegarkan rumah dan karena tidak tinggal di rumah kita, daya penciuman tamu pun menjadi lebih tajam terhadap aroma sekitar. 

  1. Jangan Hanya Ruang Tamu 

Meskipun ruang tamu menjadi ruang yang wajib untuk dibersihkan, tetap saja kita tidak boleh melupakan ruangan-ruangan lainnya. Hal ini tidak dilakukan semata-sama untuk menjamu tamu saja, jika ruangan bersih kita pun akan ikut nyaman, bukan? Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan ruangan lainnya seperti kamar mandi,  dapur, teras, taman, kamar pribadi, dan lain-lain. Apalagi, jika tamu datang dari jauh pasti mereka membutuhkan kamar mandi untuk sekadar buang air kecil. 

  1. Sedia Menu Selain Lontong Opor

Ya, lontong opor memang menjadi makanan wajib untuk merayakan Idul Fitri. Rasanya pun sangat lezat dan menggiurkan. Meski begitu, bukan berarti orang tidak bosan dengan lontong opor, ya. Jadi agar dapat lebih maksimal dalam menyambut tamu, ada baiknya kita menyajikan menu selain lontong opor. Contohnya adalah bakso, mie ayam, soto, dan masih banyak lagi. 

Nah itu dia tips-tips yang dapat kita lakukan untuk menjamu tamu di hari raya Idul Fitri. Selain menjalankan tips di atas, jangan lupa selalu ikhlas dan meniatkan segalanya untuk ibadah, ya. Serta jangan terlena dengan obrolan-obrolan yang membawa kemaksiatan agar kita tidak kehilangan inti dari silaturahmi. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top