Tips Menyimpan Daging Qurban Agar Tahan Lama

Menjelang Idul Adha, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Seperti pemilihan idul adha, tempat pelaksanaan qurban, dan lain-lain. Namun jangan lupa, untuk mempersiapkan daging yang akan disajikan pada perayaan Idul Adha. Apalagi, saat pada perayaan ini kita kerap mendapat banyak jatah daging yang melimpah. Hal ini menyebabkan kita harus berhati-hati dalam menyimpan daging agar tahan lama dan tidak cepat busuk. Nah, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah hal tersebut, di antaranya: 

  1. Membersihkan Daging dari Kotoran yang Menempel 

Setelah hewan disembelih, dipotong, lalu dibagikan biasanya terdapat sedikit kotoran yang menempel pada daging. Oleh karena itu, sebelum disimpan bersihkan daging sampai  benar-benar bersih. Kotoran tersebut biasanya berupa lendir atau debu yang dapat membuat proses pembusukan daging menjadi lebih cepat. Wah, sayang kan jika jatah daging kita terbuang begitu saja karena busuk?

Selain itu, untuk daging kambing usahakan langsung memisahkannya dari jeroan lain. Hal ini berguna agar daging tidak mengeluarkan aroma prengus saat disantap.

  1. Sebelum Disimpan, Keringkan Daging Terlebih Dahulu 

Setelah daging bersih tanpa kotoran, hal yang perlu dilakukan adalah mengeringkannya. Seperti yang kita ketahui, daging segar lebih baik tidak dicuci menggunakan air, melainkan cukup dengan lap atau tisu sehingga lebih cepat kering. Jika daging kurban terlalu basah, hal tersebut akan menyebabkan tumbuhnya bakteri berbahaya. 

  1. Potong-potong Daging 

Saat menerima jatah daging qurban, pasti kita tidak langsung mendapatkannya dalam bentuk yang sudah dipotong. Nah, untuk itu sebelum disimpan ada baiknya kita memotong-motong daging terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memperkecil resiko menempelnya bakteri pada permukaan daging. 

Selain itu, cara ini juga mempermudah kita saat akan mengolah daging tersebut. Kita 

tidak perlu bolak-balik memotong, cukup keluarkan sebagian yang akan digunakan

sehingga daging tidak mudah terkena bakteri. 

  1. Satukan Daging Sesuai Jenisnya

Mencampur beberapa daging dalam satu tempat akan membuat daging rusak serta menyebabkan aroma dan rasanya menjadi kurang sedap. Hal ini disebabkan oleh daging ikan, ayam, sapi, kambing memiliki tekstur yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum disimpan jangan lupa untuk memisahkan daging sesuai jenisnya. 

  1. Cari Tahu Masa Ketahanan Daging 

Walaupun daging disimpan di dalam freezer, bukan berarti daging kita dapat bertahan lama. Untuk itu, kita harus mengetahui daya tahan daging masing-masing. Daging sapi segar biasanya dapat bertahan hingga 4 bulan jika disimpan dalam freezer bersuhu -17 derajat celcius. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top