Tips Sehat Sesuai Anjuran Rasulullah 

Baru-baru ini sosial media diramaikan dengan istilah remaja jompo, alias remaja yang sering terkena masuk angin, pusing, demam sehingga mereka akrab dengan koyo, tolak angin, minyak angin, dan lain-lain. Nah, agar tidak mudah terserang penyakit terdapat beberapa tips sehat yang sesuai dengan anjuran Rasulullah? Penasaran? Yuk, simak yang berikut ini!

  • Rajin Cuci Tangan 

Semenjak virus pandemi masuk ke sela-sela kehidupan kita, mencuci tangan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Begitu pula dengan Rasulullah SAW yang selalu menyempurnakan wudhunya dengan mencuci tangan sampai ke sela-sela. Hal itulah yang membuat Rasulullah SAW tidak pernah terkena gangguan sakit perut atau pencernaan meskipun makan menggunakan tangan. 

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’ Nabi berkata: “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR Tirmidzi)

  • Konsumsi Makanan Halal dan Bergizi 

Sebagai umat muslim mengonsumsi makanan halal sudah menjadi dasar hukum islam yang mutlak. Sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW selalu mematuhi tersebut, sebab apapun yang dilarang oleh Allah SWT berarti bukanlah hal yang baik.  Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172)

  • Gunakan Tangan Kanan dan Jangan Lupa Baca Doa 

Bukan tanpa sebab Islam memerintahkan umatnya menggunakan tangan untuk makan. Jika dikaji secara medis, memang tidak dianjurkan makan menggunakan tangan kiri, sebab tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim. Hal tersebut ditakutkan akan menimbulkan bakteri pada tangan. 

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR Muslim)

Kemudian, sebelum makan jangan lupa untuk membaca berdoa terlebih dahulu. Tips sehat ala Rasulullah SAW ini bertujuan agar makanan yang kita santap dapat menjadi berkah, obat, dan menghindari kerakusan. 

  • Tidur Malam dengan Cukup 

Salah satu penyebab seseorang kerap terkena masuk angin adalah kurang tidur. Makanya, hal ini sering dialami oleh orang-orang yang bekerja atau belajar hingga larut malam. Agar tubuh tetap sehat, kita dapat mengikuti pola tidur Rasulullah SAW, yakni tidur jam sembilan malam dan bangun pada jam 3 pagi. Bahkan, penelitian menyebutkan pada waktu tersebut terjadi proses metabolisme yang hanya dapat terjadi jika tubuh dalam keadaan rileks. Oleh karena itu, tidur malam dengan cukup dapat menjadi solusi untuk menjaga kesehatan. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top