5 Menu Takjil Favorit Masyarakat Indonesia

Takjil atau makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia. Banyak jenis makanan takjil yang bisa dijumpai di Indonesia, dari yang manis hingga yang gurih. Di bawah ini adalah lima menu takjil favorit masyarakat Indonesia.

1. Kolak
Kolak adalah salah satu makanan takjil favorit yang paling banyak dijumpai di seluruh Indonesia. Terbuat dari pisang atau ubi yang dipotong-potong dan direbus dalam kuah santan, gula merah, dan pandan, kolak memiliki rasa manis dan lembut. Beberapa jenis kolak juga diberi tambahan kacang hijau atau ketan. Kolak sering dihidangkan dalam acara-acara keagamaan seperti bulan Ramadhan.

2. Es Buah
Es buah adalah minuman segar yang terbuat dari campuran buah-buahan segar, es batu, dan sirup manis. Banyak warung makan dan penjual kaki lima yang menjual es buah selama bulan puasa. Es buah biasanya dihidangkan dingin dan menjadi favorit di musim panas yang panas.

3. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Bubur kacang hijau terbuat dari biji kacang hijau yang dimasak dalam air dan gula, kemudian dihaluskan atau dibiarkan dalam bentuk butiran dan disajikan dengan tambahan santan atau kelapa parut. Bubur kacang hijau sering dihidangkan sebagai makanan penutup atau takjil saat bulan puasa.

4. Bubur Sumsum

Bubur sumsum adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang dihaluskan hingga berbentuk pasta dan direbus bersama santan, gula, dan garam. Bubur sumsum sering dihidangkan sebagai makanan penutup atau takjil, terutama pada bulan puasa.

5. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau tepung beras yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Banyak jenis gorengan yang bisa ditemukan di Indonesia, antara lain pisang goreng, tahu isi, tempe goreng, bakwan, cireng, risol, dan masih banyak lagi. Gorengan biasanya dihidangkan sebagai camilan atau makanan ringan di siang atau malam hari, dan juga sering dijadikan takjil saat bulan puasa.

Itulah lima menu takjil favorit masyarakat Indonesia yang bisa kamu nikmati selama bulan puasa. Masing-masing menu memiliki cita rasa dan bahan-bahan yang unik dan lezat. Selamat menikmati! (Fariz Zulkaizi).

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top