Amalan, Doa, dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan menghadirkan berbagai macam berkah bagi umat Islam di seluruh dunia. Mulai dari banyaknya ibadah yang bisa dijalankan di bulan suci ini, kebudayaan yang menarik untuk dijalankan, hingga makanan khas yang menggiurkan dan ditunggu-tunggu. Banyaknya berkah yang bermunculan di bulan Ramadhan tidak menjadikan umat Islam lupa akan salah satunya, terutama berkah malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam yang amat istimewa, karena pada malam ini berkah yang diturunkan oleh Allah SWT jumlahnya sangat melimpah. Bahkan pada salah satu surat di Al-Qur’an disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan. Berikut potongan ayat dari surat tersebut:

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,” (QS Al-Qadr ayat 4-5).

Jadi, tak aneh jika malam ini disebut sebagai malam yang istimewa bagi umat Islam. Maka dari itu, memperbanyak ibadah pada malam Lailatul Qadar sangatlah dianjurkan. Namun tak semudah itu untuk memperbanyak ibadah di malam yang istimewa ini karena malam ini tak diketahui tanggal pastinya. Hanya terdapat petunjuk yang mengatakan bahwa malam ini datang pada tanggal ganjil (menurut kalender Muharram) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Maka dari itu, memperbanyak amalan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan sangat dianjurkan untuk umat Islam. Selain sembari mencari malam Lailatul Qadar, tak ada salahnya untuk umat Islam memperbanyak amalannya. Berikut amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan:

Menjalankan Shalat

Shalat merupakan sebuah kewajiban bagi umat Islam, namun yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, bukan hanya shalat wajib, melainkan shalat yang lainnya. Beberapa di antaranya adalah shalat tarawih, shalat taubat, shalat tasbih, shalat tahajud, dan shalat witir. Banyaknya ibadah yang dianjurkan memang semuanya adalah shalat sunnah, namun untuk memperbanyak amalan kita maka ibadah-ibadah tersebut janganlah terlewat. 

“Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, no. 1901)

Hadits yang telah dicantumkan menjelaskan bahwa ibadah shalat malam yang dilakukan oleh umat Islam di malam Lailatul Qadar, akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Maka tidak ada salahnya jika kita menjalankan shalat sunnah pada sepuluh malam terakhir di Bulan Ramadhan.

Tadarus Alquran

Sepuluh malam terakhir yang penuh berkah tak akan lengkap jika kita melewatkannya dengan tidak membaca Al-Qur’an. Selain itu membaca kitab suci umat Islam pada malam hari di sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan  juga menjadi salah satu anjuran dari Rasulullah SAW. Maka dari itu kita juga sudah terbiasa melihat banyak jamaah muslim yang mengaji bertadarus bersama di Masjid pada waktu-waktu akhir Ramadhan tersebut.

Melakukan I’tikaf

Amalan pada malam Lailatul Qadar yang bisa dilakukan selanjutnya adalah beri’tikaf di masjid. I’tikaf sendiri berarti berdiam diri di masjid yang disertai dengan niat dan tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT. Harus diperhatikan juga syarat, rukun, adab, dan apa yang dapat membatalkan i’tikaf seseorang. Selain itu ibadah ini dapat juga dilakukan bersamaan dengan shalat sunnah dan membaca Al-Qur’an. Maka beri’tikaf dapat pula dilakukan sembari mencari malam Lailatul Qadar dan memaksimalkan ibadah malam yang dilakukan oleh umat Islam.

Mengingat Rasulullah dengan Cara Bershalawat

Rasulullah SAW yang telah menjadi petunjuk dan junjungan bagi umat Islam di seluruh dunia tentunya tidak bisa dilupakan jasanya. Maka dari itu bershalawat mengingat Rasulullah SAW sangat dianjurkan sembari mencari malam Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Melakukan Taubat

Beri’tikaf dapat pula dilakukan dengan merenungi kesalahan-kesalahan dan apa saja ibadah yang telah dilakukan, atau bisa juga disebut sebagai muhasabah diri. Melakukan itu semua kita juga menjadi berintrospeksi tentang diri sendiri sekaligus dapat melakukan taubat.

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa. Maka dengan bertaubat dan melakukan shalat di malam tersebut, dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT. Jadi ini merupakan salah satu kesempatan yang berharga bagi para hamba Allah SWT untuk melakukan taubat, dengan catatan tidak secara sengaja melakukan kesalahannya kembali tentunya.

Beberapa amalan yang disebutkan di atas hanya sedikit dari banyak amalan lainnya yang kita dapat lakukan di malam Lailatul Qadar, itu semua karena malam tersebut adalah malam yang amat istimewa. Bahkan terdapat doa tersendiri untuk malam seribu bulan tersebut. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma Innaka Afuwwun Kariim Tuhibbul Afwa Fa’fuanna

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Zat Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, senang pada ampunan, maka ampunilah kami, wahai Zat yang Maha Pemurah.”

Doa tersebut dapat dibaca pada saat melakukan ibadah di malam-malam terakhir bulan Ramadhan ataupun kapanpun saat kita berniat untuk mencari malam yang amat istimewa itu.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top