Hindari Stres Saat Terjebak Arus Mudik dengan Tips di Bawah Ini

Tak terasa setelah menjalani hampir sebulan berpuasa, hari raya Idul fitri kian hari semakin dekat. Berbagai macam tradisi Idul Fitri khas masyarakat Indonesia pun mulai dilakukan, seperti membagikan THR, membuat kue khas lebaran, dan tentu saja mudik. 

Ya, setelah beberapa tahun ke belakang umat muslim di Indonesia memiliki keterbatasan dalam bepergian akibat pandemi Covid-19, akhirnya pada lebaran tahun 2022 suasana mudik yang dirindukan pun berangsur-angsur kembali terlihat. 

Seperti yang kita ketahui, mudik berarti pulang ke kampung halaman. Melihat pengertian tersebut, tentu saja banyak masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong melaksanakan mudik demi bertemu sanak keluarga di kampung. Itulah yang membuat ruas-ruas jalan dipenuhi dengan banyak kendaraan yang berujung kemacetan. Kemacetan tersebut kerap membuat para pemudik stres. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips anti stres saat terjebak arus mudik. 

  1. Tarik dan Hembuskan Nafas 

Tidak bisa dipungkiri kepala kita akan merasa pusing dan tegang saat melihat barisan kendaraan tak berujung di depan mata. Tapi jangan keburu stres duluan, ya. Saat terjebak dalam situasi tersebut, kita bisa menarik nafas dalam, tahan, lalu hembuskan. 

Cara ini dinilai ampuh untuk relaksasi stres. Selain itu, cara ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pengemudi, tapi juga para penumpang.

  1. Putar Lagu Favorit 

Lagu dipercaya dapat meredakan stres saat mudik. Cobalah untuk memasang lagu favorit kesukaan keluarga dan menyanyikannya bersama-sama. Meskipun macet membuat waktu terbuang sia-sia, namun bersyukurlah kemacetan tersebut dapat dirasakan bersama-sama. Namun, apabila harus mudik seorang diri dengan transportasi umum, kita bisa mendengarkan lagu yang menenangkan hati lewat earphone. Selain meredakan stres, mendengarkan lagu tenang dapat membantu kita untuk tertidur.

  1. Pasang Wajah Bahagia

Meskipun merasa bad mood dengan kemacetan yang entah di mana ujungnya, kita harus tetap berusaha mengendalikan wajah kita agar tetap merasa bahagia. Sebab, jika kita memasang wajah kurang enak, hal itu akan menyebar ke penumpang lainnya sehingga perjalanan mudik pun semakin terasa menyebalkan. Selain itu, peneliti menyebutkan tersenyum dapat membantu meredakan intensitas ketegangan tubuh. 

  1. Mengatakan Sesuatu yang Positif 

Terjebak dalam kemacetan tidak pernah menjadi hal yang diinginkan oleh seseorang, namun lain ceritanya jika kemacetan ini merupakan bagian dari mudik. Seperti yang kita tahu, perjalanan mudik ditempuh untuk bertemu dengan sanak keluarga. 

Untuk menghindari stres, kita dapat mengingat-ingat kebahagiaan keluarga saat kita sampai di rumah nanti. Apalagi, bagi yang sudah lama tidak pulang kampung, jangan jadikan kemacetan ini sebagai alasan perjalanan mudik kita hancur. 

  1. Berusaha Sabar

Sabar menjadi kunci utama untuk menghindari stres yang disebabkan oleh kemacetan. Pikirkanlah, bahwa tidak ada yang bisa dilakukan selain bersabar. Jika kita memilih beremosi, hal tersebut tentu akan merugikan diri sendiri. 

Ingatlah bahwa kita tidak sendirian dalam menghadapi kemacetan, ribuan pemudik pun turut merasakan fenomena yang menyebalkan ini. Maka, usahakan untuk tetap sabar dan redamlah emosi. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top