Waktu yang Baik Untuk Menikah

Menikah merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Islam untuk orang yang mampu secara finansial dan fisik. Nah, salah satu hal utama yang harus dipersiapkan adalah waktu. Berikut bulan yang baik untuk menikah menurut Islam.

  1. Bulan Safar

Sering dianggap sebagai bulan sial, ternyata bulan ini justru menjadi bulan yang baik untuk menikah. Bulan Safar menjadi waktu Rasulullah SAW menikahkan putrinya sendiri.

Sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat:

Sesungguhnya Rasulullah menikahkan putrinya, Fathimah dengan Ali di bulan Shafar pada 12 bulan awal sejak hijrah menuju Madinah. (HR. al-Zuhri).

Dari hadis tersebut, para ahli fiqih merumuskan bahwa hukumnya sunnah menikah di bulan Safar. Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani juga mengatakan:

Dan sunnah menikah di bulan Syawal dan Safar, karena Rasulullah menikahi Aisyah di bulan Syawal dan beliau menikahkan putrinya, Fathimah dengan Ali di bulan Shafar pada 12 bulan awal sejak hijrah. (Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani, Nihayah al-Zain, hal. 300).

2. Bulan Syawal

Selain merupakan waktu untuk merayakan Idul Fitri, ternyata bulan Syawal juga menjadi bulan baik untuk menikah. Sebuah riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah SAW dan istrinya menikah bertepatan dengan bulan Syawal.

Di samping itu, juga disunnahkan oleh Sayyidah Aissyah jika bulan Syawal adalah bulan yang baik untuk menikah.

“Rasulullah SAW menikahiku di bulan Syawal dan mengadakan malam pertama denganku di bulan Syawal. ‘Siapakah di antara istrinya yang mendapat perhatian lebih dariku?’ Salah seorang perawi berkata, ‘Aisyah suka jika suaminya melakukan malam pertama di bulan Syawal.” (Hadits diriwayatkan oleh Muslim, An-Nasai, dan lain-lain)

Imam Ibnu Katsir rahimahullah dalam kitabnya ‘Al-Bidayah wan Nihayah,3/235’ juga menjelaskan:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi ‘Aisyah untuk membantah keyakinan yang salah sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua ‘ied (bulan Syawwal termasuk di antara ‘ied fitri dan ‘idul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian. Keyakinan ini tidaklah benar.”

3. Bulan Dzulqa’da

Seperti yang kita ketahui bulan Dzulqa’dah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan. Selain itu, pada bulan ini Nabi Muhammad SAW menikahi Zainab binti Jahsyi bin Royab, seorang perempuan dari Bani Asad bin Khuzaimah dan Maimunah binti Al-Haris, seorang janda berusia lanjut.

Satu lagi, karena letaknya yang berada di antara bulan Syawal dan Dzulhijjah, bulan Dzulqa’dah menjadi bulan yang istimewa untuk menikah.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top