Ingin Menghapus Dosa? Lakukan 5 Amalan Ini Sebelum Ramadhan Berakhir

Sebelum bulan Ramadhan berakhir, ada baiknya sebagai manusia kita merenungkan hal baik dan hal buruk apa saja yang telah dilakukan selama hidup. Sebab merenung seringkali membuka jalan seorang manusia untuk introspeksi diri. 

Pastinya selama hidup kita banyak melakukan kesalahan dan tidak jauh dari dosa. Namun, seperti yang kita ketahui bahwa Allah SWT akan selalu mengampuni dosa umatnya apabila ia bertaubat. 

Apalagi saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk menjalankan bulan Ramadhan, sehingga kita dapat melakukan amalan-amalan penghapus dosa di bulan yang suci ini. Hal ini ditegaskan oleh Buya Yahya yang menyebutkan hadits Rasulullah mengenai keutamaan ibadah di bulan Ramadhan sebagai penghapus dosa: 

الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إِلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ

“Shalat lima waktu, Ibadah Jum’at yang satu dengan ibadah jumat berikutnya. Puasa Ramadhan yang satu dengan puasa Ramadhan berikutnya. Itu semua merupakan penghapus dosa antara keduanya, selama dosadosa besar dijauhi.” (HR. Muslim)

Berikut adalah 5 amalan di bulan Ramadhan yang dapat kita lakukan untuk menghapus dosa. 

  1. Meningkatkan Amalan Sunnah 

Mengerjakan amalan sunnah di bulan Ramadhan menjadi salah satu pintu pembuka dalam menghapus dosa-dosa di bulan penuh kemuliaan ini. Banyak sekali amalan sunnah yang dapat kita lakukan, seperti melakukan sahur setiap hari, shalat tahajud, shalat dhuha, salat tarawih, dan lain-lain. 

  1. Perbanyak Dzikir dan Berdoa 

Salah satu amalan dzikir di bulan puasa yang dapat menghapus dosa adalah, dengan membaca SubhanAllahi wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan segala puji hanya untuk-Nya) sebanyak 100 kali dalam sehari. Amalan tersebut dapat menghapuskan dosa apapun yang telah diperbuat, bahkan jika dosanya sebesar lautan. 

Apabila 100 kali dalam sehari terasa berat, kita bisa membaginya menjadi beberapa bagian. Misalnya, 20 kali dzikir setiap shalat fardhu. 

  1. Tunaikan Zakat Fitrah 

Zakat fitrah kerap dianggap sebagai penyempurna ibadah yang telah kita laksanakan di bulan Ramadhan. Itulah yang menyebabkan zakat fitrah menjadi salah satu keutamaan yang dapat menghapus dosa-dosa kita. Hal ini ditegaskan oleh hadits riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah yang berbunyi: 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum salat maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” 

  1. Mengejar Malam Lailatul Qadar

Seperti yang kita ketahui, malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut Allah SWT akan mengabulkan doa serta memaafkan dosa-dosa yang telah diperbuat umatnya. HR Bukhari meriwayatkan: “Mengenai malam Lailatul Qadar, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa melaksanakan shalat pada lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” 

  1. Taubat Nasuha 

Taubat nasuha adalah proses taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, dengan niat, serta melalui tekad yang bulat. Hal itu ditegaskan dalam surat At-Tahrim ayat 8, bunyinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kalian kepada Allah dengan taubat nasuha, niscaya Rabb kalian akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kalian dan memasukkan kalian ke dalam surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai.” 

Melalui surat tersebut kita tahu bahwa taubat nasuha adalah amalan yang dapat menghapus dosa-dosa kita di bulan Ramadhan. 

Itulah amalan-amalan yang dapat kita lakukan sebagai upaya menghapus dosa-dosa yang pernah kita lakukan di masa lalu. Bulan Ramadhan memang bulan suci penuh kemuliaan yang mempersilahkan kita untuk memperbaiki diri agar lebih pantas untuk menjadi umat-Nya. Untuk itu, selama sisa beberapa hari bulan puasa ini jauhkanlah diri dari kemaksiatan. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top