Lakukan Amalan Sunnah Ini di Hari Jumat

Tidak hanya ibadah shalat jumat saja yang dilakukan di hari Jumat, tapi ternyata banyak amalan sunnah yang bisa kita laksanakan di hari yang penuh kemuliaan ini. Bahkan, melakukan ibadah di hari Jumat dipercaya memberi nilai pahala yang besar. Kemudian, tidak hanya ibadah yang bermakna mendekatkan diri kepada Allah SWT, tapi juga ibadah yang mengajak kita sekaligus melakukan kegiatan sosial, seperti bersedekah. Berikut adalah beberapa amalan yang disunnahkan untuk dilakukan pada hari Jumat:

  1. Membersihkan Badan 

Kebersihan badan tentu harus diperhatikan dari hal yang paling kecil sekalipun, seperti kumis, kuku, dan yang lainnya. Hal ini sejalan dengan sunnah Rasulullah yang menganjurkan kita untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, bersiwak, serta menghilangkan bau badan. 

Salah satu hadits yang membahas mengenai hal ini adalah, 

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ.

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat Jumat.” (HR Baihaqi dan Thabrani).

  1. Membaca Al-Quran dan Berdzikir

Meskipun bisa dilaksanakan setiap hari, ibadah bertilawah dan berdzikir memiliki banyak kemuliaan jika dilaksanakan pada hari Jumat. Khususnya, kita dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi). 

Selain itu, sebagai pelengkap kita juga dianjurkan untuk berdzikir dalam mengingat kebesaran Allah SWT.  Setiap kalimat dzikir bisa diulang sebanyak 33 atau sampai 100 kali.

  • Membaca Istighfar (Astagfirullahaladzim)
  • Membaca Tasbih (Subhanallah)
  • Membaca Tahmid (Alhamdulillah)
  • Membaca Takbir (Allahu Akbar)
  1. Menyegerakan Diri ke Masjid

Seperti yang kita ketahui, shalat jumat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh pria muslim. Untuk menyempurnakannya, terdapat sunnah yang menganjurkan untuk menyegerakan diri ke masjid. 

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً ، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ

Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jumat, kemudian pada waktu pertama ia berangkat Jumat, maka seakan ia berkurban unta badanah. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kedua, seakan berkurban sapi. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu ketiga, seakan berkurban kambing yang bertanduk.

  1. Mandi di Hari Jumat

Mandi merupakan kegiatan membersihkan diri yang juga merupakan sunnah hari Jumat. Beberapa hadits meriwayatkan pria dan wanita untuk mandi di hari jumat, termasuk keramas. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top