Keutamaan di Bulan Dzulhijjah

Bulan Dzulhijjah termasuk satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT dan tergolong sebagai asyhurul hurum, yakni bulan yang diharamkan untuk berbuat kemaksiatan, pembunuhan, dan kerusakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan amalan baik pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, seperti memperbanyak dzikir, puasa Arafah, ibadah haji, melaksanakan Qurban dan shalat Idul Adha. 

Allah SWT berfirman:

 اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu dan perangilah kaum musyrik itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kalian semuanya; dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa”. (QS. At Taubah: 36)

Berdasarkan ayat di atas maka dalam bulan-bulan Haram dilarang untuk melakukan perbuatan aniaya, sebab dosa dan hukuman yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan melakukannya di bulan lain. 

  • Keistimewaan 10 hari pertama 

Selain menjadi bulan Haram, keutamaan bulan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertama yang datang langsung dari syariat Allah. 

Al-Qur’an secara khusus menyebut hari-hari istimewa tersebut dengan al-Ayyam al Maklumat (hari-hari yang telah diketahui). Allah SWT berfriman: {لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ Artinya: supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang telah Allah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.

  • Dijadikan Sumpah 

Berikutnya 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dijadikan salah satu pengantar untuk bersumpah oleh Allah SWT yang terdapat dalam surah Al Fajr. Allah berfirman:

وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ 

Artinya: Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil. (QS. Al Fajr: 1-2).

Malam yang sepuluh di atas maksudnya adalah sepuluh (pertama) bulan Dzulhijjah, yang mana telah disampaikan oleh Ibnu ‘Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan selain mereka baik dari kalangan salaf maupun khalaf’.

  • Merupakan salah satu hadits Rasulullah SAW

Rasulullah SAW secara langsung menyampaikan bahwa 10 hari pertama bulan Dzulhijjah merupakan hari yang istimewa. Karena hadits inilah para ulama menyimpulkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah bahkan lebih mulia dari 10 terakhir bulan Ramadhan. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top