Keutamaan Sedekah pada Hari Jumat

Sedekah merupakan amalan yang sangat disukai oleh Allah karena merupakan bukti keimanan dan rasa syukur atas segala kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Lebih dari itu, sedekah pada hari Jumat akan memberikan pahala yang lebih banyak lagi.

Sedekah memang dapat dilakukan kapan saja dan tidak dibatasi oleh apapun, kecuali kemampuan diri untuk bersedekah. Namun, hari Jumat sendiri merupakan hari yang paling baik untuk melakukan amalan baik, bahkan dianjurkan.

Hal tersebut karena sedekah pada hari jumat memiliki manfaat dan keutamaan yang lebih baik dibandingkan sedekah pada waktu lainnya.

Manfaat utama yang didapatkan dari bersedekah pada hari Jumat adalah pahalanya yang akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Sedekah sendiri sudah dipastikan akan mendapat ganjaran berlipat ganda oleh Allah, jika digabung dengan keutamaan hari Jumat, maka akan lebih banyak lagi pahala yang akan didapatkan seorang hamba yang bersedekah.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar. Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan.”

Dalam ajaran fiqih, sedekah pada hari Jumat dianjurkan karena memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan sedekah yang dilakukan pada waktu lainnya.

Hal ini mengingat hari Jumat merupakan hari raya yang suci bagi umat Islam. Hal tersebut menyebabkan setiap amalan baik yang dilakukan pada hari tersebut akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk sedekah.

Mengingat setiap minggu akan terdapat hari Jumat, maka kesempatan seorang hamba untuk mendapatkan pahala yang begitu banyak masih besar.

Semoga kita semua selalu bertemu dengan hari Jumat dan diberikan kesempatan untuk bersedekah pada hari tersebut.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top