Kisah Sedekah Nabi Sulaiman

Saat di bangku sekolah, pasti kita telah diajarkan tentang nama 25 Nabi yang wajib diketahui beserta dengan mukjizatnya. Hayo, siapa di sini yang sudah lupa? Untuk mengingatkan memori kita kembali, yuk simak kisah sedekah Nabi Sulaiman AS yang begitu terkenal dengan kekuasaannya.

Seperti yang kita ketahui, Allah SWT menganugerahkan Nabi Sulaiman kekuasaan yang begitu besar di dunia, tidak hanya manusia saja yang menjadi pengikutnya, tapi juga jin, hewan, dan angin. Selain itu, Nabi Sulaiman juga diberi mukjizat berupa kemampuan berbicara dengan hewan.

Meskipun diberi kenikmatan yang luar biasa, tapi Nabi Sulaiman tidak pernah lupa untuk bersedekah. Bahkan, beliau tidak hanya memberi sedekah pada orang yang tidak mampu, melainkan kepada seluruh mahluk hidup di bumi.

Disebutkan salah satu kisah dalam kitab Durratun Nasihin fil Wa‘zhi wal Irsyad karya Usman bin Hasan bin Ahmad As Syakir Al Kaubawi, bahwa Nabi Sulaiman suatu hari mengungkapkan kepada Allah SWT bahwa ia akan bersedekah kepada semua mahluk hidup, tidak hanya satu hari melainkan satu tahun. Namun, Allah SWT berkata bahwa Nabi Sulaiman AS tidak akan sanggup, oleh karena itu beliau meminta izin untuk bersedekah selama satu hari saja.

Setelah diizinkan oleh Allah SWT, Nabi Sulaiman pun mengumpulkan pengikutnya dan memerintahkan mereka, baik dari golongan manusia untuk mencatat seluruh mahluk yang hidup di bumi. Beliau juga memerintahkan mereka untuk mengumpulkan makanan yang akan dibagikan kepada seluruh mahluk selama 40 hari.

Kemudian, setelah Nabi Sulaiman AS dan para pengikutnya berhasil mengumpulkan makanan hingga menggunung, Allah SWT mengundang ikan paus untuk datang ke perjamuan yang digelar oleh Nabi Sulaiman AS. Ketika dipersilakan makan, ikan paus tersebut langsung melahap makanan yang telah dikumpulkan selama 40 hari dalam satu kali lahap, Nabi Sulaiman beserta pengikutnya pun kaget melihat hal itu.

Tidak hanya sampai di situ saja, ternyata sang ikan paus juga masih merasa belum kenyang. Nabi Sulaiman AS pun tidak mampu menjawab hingga ia duduk bersimpuh lalu bersujud dan mengucapkan, ” Subhana man takaffala bi rizqi kulli marzuqin min haitsu la yasy’uru. (Mahasuci Allah yang menjamin rezeki semua makhluk-Nya dari jalan yang tak terpikirkan),” ucap Nabi Sulaiman dalam sujudnya.

Kamu juga bisa bersedekah melalui donasi bersama Yayasan Sigma, kunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ untuk info selengkapnya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top