Kopi dalam Pandangan Islam

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa minum kopi kerap menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang. Ada yang membutuhkan kopi sebelum mulai bekerja, minum es kopi di siang hari saat istirahat, atau di sore hari. Selain memiliki manfaat dalam menyegarkan tubuh dan sebagai relaksasi, ternyata kopi merupakan minuman yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, beliau juga memberikan doa khusus bagi mereka para peminum kopi. Kira-kira bagaimana asal-usul kopi menurut pandangan Islam? Apa saja khasiat kopi? Yuk, simak yang berikuti ini!

Doa Nabi untuk para peminum kopi

Jika dikaitkan dengan sejarah, kopi berkaitan erat dengan kaum Sufi. Meskipun begitu, para ulama memiliki pendapat yang berbeda mengenai kopi, ada yang menghalalkannya ada pula yang mengharamkannya.

Suatu hari seorang Sufi menanyakan langsung kepada Rasulullah mengenai hukum minum kopi. Beliau tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut, melainkan menjawab dengan memberikan doa khusus. Berikut bunyinya:

للهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدني وشفاء لقلبي ودواء لكل داء يا قوي يا متين ثم يتلو البسملة.

Artinya:
Ya Allah, jadikanlah kopi yang saya teguk sebagai cahaya bagi penglihatanku, kesehatan bagi badanku, penawar hatiku, obat bagi segala penyakit, duhai dzat yang Maha Kuat dan Maha Tegu. Kemudian membaca bismillahirrahmanirrahim
Nabi Muhammad SAW melanjutkan sabdanya yang berbunyi, “Malaikat akan terus meminta ampunan untukmu selama rasa kopi masih menempel di mulutmu,”

Manfaat kopi dalam Islam

Abdul Qadir al-Jaziri, penulis Umdat Al-Safwa pada tahun 1587 mengungkapkan bahwa kopi bukan hanya dipopulerkan oleh Sufi saja, melainkan jemaat haji turut mengenalkan kopi ke seluruh dunia. Berdasarkan pendapat beliau, kopi sampai ke Makkah pada abad ke-15 yang pada saat itu mulai bermunculan kedai-kedai kopi. Kedai tersebut selalu ramai pada musim-musim haji, sehingga pengunjungnya bukan dari masyarakat setempat saja, namun dari seluruh penjuru negeri.

Inilah yang membuat manfaat kopi terletak pada kedai kopinya, yakni menjadi tempat berkumpul dalam bertukar pikiran. Hal ini membuat para cendekiawan dan penulis tertarik dengan kedai kopi.

Khasiat kopi dalam Islam

Sejak abad ke-10 khasiat kopi telah dibahas oleh Ilmuwan Ibnu Sina dalam karyanya yang berjudul al-Qanun fi al-Tibb. Dalam buku tersebut, ia memaparkan sejarah kopi dan juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Beliau menyebutkan kopi dapat mempertahankan kesehatan. Selain itu, kopi juga dapat menjadi stimulus pikiran dan kesehatan tubuh serta membuat kulit menjadi bersih.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top