Puasa Bikin Lemas? Simak Tips Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

Meskipun berpuasa, kita tetap harus tetap melakukan kewajiban lainnya seperti bekerja. Hal tersebut memang terdengar sulit, jika di luar bulan puasa kita bisa mengisi energi pada jam makan puasa, saat ini kita tidak dapat melakukannya. Lantas, bagaimana cara kita tetap bersemangat untuk bekerja di bulan puasa? Simak tips di bawah ini. 

  1. Hindari Konsumsi Kafein di Bulan Puasa 

Saat tidak berpuasa, kafein dipercaya dapat menambah energi untuk tubuh. Namun, saat berbuka puasa dan sahur tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein sebab dapat membuat lambung terluka. 

Jika benar-benar ingin minum kopi atau teh, kita bisa mengkonsumsinya setelah makan nasi sehingga lambung tidak dalam keadaan kosong. Sebaiknya, kita juga bisa mengkonsumsi kopi tanpa kafein yang biasa disebut dengan dekafein. 

  1. Lakukan Kegiatan Lain di Sela-sela Kerja

Melakukan satu pekerjaan secara terus-menerus memang membosankan, apalagi di bulan puasa kita tidak bisa menambah energi dengan asupan. Namun, ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir rasa lelah bosan tersebut. Yakni dengan melakukan kegiatan lain di sela-sela jam kerja. 

Kegiatan lain tersebut dapat berupa olahraga kecil yang dapat membuat tubuh rileks dan segar. Selain itu, pada jam istirahat kerja kita juga bisa berjalan-jalan di sekitar lingkungan kantor, bermain games, menonton tv, ataupun tidur siang selama 20 hingga 30 menit. 

  1. Mengatur Jam Tidur 

Selama bulan Ramadhan, sebaiknya kita mengatur jam tidur. Pertama, usahakan tidur lebih awal di malam hari sebab kita harus bangun pagi keesokan harinya. Kedua, alangkah baiknya jika setelah sahur kita tidak melanjutkan tidur, sebab hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kita lemas saat bangun untuk bekerja. 

Untuk mengenyahkan rasa ngantuk setelah sahur, kita dapat melakukan olahraga kecil seperti berjalan-jalan di sekitar rumah. Selain membuat tubuh segar, jalan-jalan setelah subuh dapat memanjakan mata dan saluran pernapasan. 

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh 

Menjaga kesehatan tubuh merupakan satu hal yang perlu diperhatikan agar kita terhindar dari rasa lemas ketika bekerja di bulan puasa. Kita bisa memulainya dengan menghindari makanan-makanan yang tidak sehat serta kegiatan-kegiatan berat lainnya yang dapat membuat tubuh lemas. Tubuh yang sehat akan membantu kita lebih produktif saat bekerja di bulan Ramadhan. 

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah rasa lemas yang datang saat bekerja. Satu lagi yang tidak boleh dilupakan adalah niat. Kita harus memiliki niat bekerja dengan semangat serta optimis dan selalu mengingat Allah SWT. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menjalankan tips-tips yang di atas. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top