Rasakan Manfaat Baca Buku

“Buku merupakan jendela dunia”, pasti kita perah mendengar pepatah tersebut. Ya, membaca buku memang dapat membukakan mata kita dengan membaca ilmu-ilmu yang ada di dalamnya. Tentunya, ilmu tersebut akan bermanfaat bagi kehidupan kita, apa lagi jika diamalkan dengan baik. Selain itu, ternyata dalam Islam membaca merupakan hal yang sangat dianjurkan. Hal ini dibuktikan dengan wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah SAW, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan.” (QS. Al-‘Alaq: 1). Setiap hal yang dianjurkan agama pasti memiliki banyak manfaat, inilah beberapa manfaat dalam membaca buku:

  1. Jauh dari Kebodohan

Seperti yang kita ketahui, membaca buku dapat menambah ilmu. Oleh karena itu, Islam menganjurkan membaca buku sebab kebodohan adalah hal yang wajib dihindari oleh umat muslim. Karena kebodohan kerap membawa seseorang menuju kemaksiatan, sehingga kita sebagai umat muslim kita harus rajin-rajin membaca buku.

2. Dekat dengan Allah SWT

Setelah jauh dari kebodohan, manfaat selanjutnya yang kita rasakan dari membaca buku adalah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam ayat Al-Quran yang berbunyi:

“Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah Maha Perkasa, Maha Pengampun.” (QS. Fatir: 28)

3. Mendapatkan Amal Jariyah

Kita bisa merasakan manfaat yang satu ini apabila setelah membaca buku kita menyampaikan ilmu yang ada di dalamnya kepada orang lain. Saat kita membagikan ilmu ke orang lain dan diterapkan dengan baik, dapat dipastikan kita akan mendapat pahala dari amal jariyah yang akan terus-menerus mengalir.

4. Dapat Diangkat Derajatnya

Seseorang yang membaca buku tidak hanya merasakan manfaat dari apa yang ada dalam buku, namun Allah SWT pun akan mengangkat derajat bagi orang yang menuntut ilmu dan membaca buku. Allah SWT berfirman:

Hai orang-orang beriman, apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majlis’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah: 11)

5. Mendapat Kemudahan Menuju Surga

Sebuah hadits menyebutkan bahwa seseorang yang menuntut ilmu akan dimendapatkan kemudahan menuju surga. Dalam hal ini, membaca buku juga termasuk salah satu usaha dalam menuntut ilmu.

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi).

Bagi kamu yang ingin melakukan donasi dapat mengunjungi https://yayasansigma.or.id/berdonasi/ untuk informasi selengkapnya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top