Sedekah kepada Penuntut Ilmu

Seperti yang kita ketahui, dalam bersedekah kita diperbolehkan untuk memberikan kepada siapapun. Namun, diutamakan untuk memberikan kepada orang terdekat, seperti orangtua, saudara yang membutuhkan, ataupun tetangga. Setelah itu kita bisa bersedekah kepada orang lain, seperti membantu para santri dan penuntut ilmu.

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pun pernah bersabda: “Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan maka baginya seperti pahala pelakunya.” (HR. Muslim).

Keutamaan tersebut dipaparkan oleh Imam Nawawi saat membahas masalah tawakkal dan yakin dalam kitab Riyadhus Sholihin. Beliau membawakan hadits berikut ini:

Sahabat yang Mulia Anas bin Malik radhiyallahu’anhu berkata:

“Dahulu ada dua orang bersaudara di masa Nabi Shallallahu’alaihi wasallam. Salah satu dari keduanya selalu mendatangi Nabi Shallallahu’alaihi wasallam (untuk menuntut ilmu agama), dan salah satunya lagi sibuk bekerja, maka yang bekerja ini mengadukan saudaranya (yang tidak membantunya bekerja) kepada Nabi Shallallahu’alaihi wasallam, beliau pun bersabda: Bisa jadi engkau diberi rezeki karena saudaramu itu.” [HR. At-Tirmidzi dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Shahih Al-Jami’: 5084].

Oleh karena itu, dari hadits di atas dapat disimpulkan beberapa keutamaan dari bersedekah kepada penuntut ilmu, berikut penjelasannya:

  1. Mendapat Pahala yang Besar di Akhirat Kelak

Dalam Islam, menuntut ilmu merupakan salah satu ibadah. Dengan syarat ibadah tersebut didasari dengan niat kepada Allah SWT. Nah, orang yang membantu sang penuntut ilmu juga akan menunai pahala di akhirat kelak, sebab ketika membantu orang untuk berpahala, kita pun juga akan mendapatkan yang setimpal.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang membantu perlengkapan orang yang berjihad di jalan Allah maka sungguh dia juga telah ikut berjihad, dan barangsiapa yang membantu keluarga seorang yang berjihad di jalan Allah dengan suatu kebaikan maka dia juga telah ikut berjihad.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Zaid bin Khalid Al-Juhani radhiyallahu’anhu].

2. Akan Mendapat Keberkahan

Membantu seseorang yang tengah menuntut ilmu juga akan mendapatkan keberkahan. Keberkahan tersebut bisa berupa harta, taufiq, kesehatan, serta pertolongan dalam segala urusan.

Hadits di atas sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam yang lain, berikut bunyinya:

“Senangkanlah aku dengan bersegera membantu orang-orang yang lemah, kalian diberikan rezeki dan ditolong karena orang-orang lemah.” [HR. Ahmad, Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Abu Ad-Darda radhiyallahu’anhu, As-Shahihah: 779].

3. Mendapatkan Pahala Jihad di Jalan Allah

Menuntut ilmu kemudian diamalkan dan dibagikan kepada orang banyak merupakan salah satu bagian jihad di jalan Allah SWT. Jihad tersebut meliputi memerangi kebodohan dan kebatilan. Oleh karena itu, seseorang yang bersedekah kepada penuntut ilmu juga akan mendapatkan pahala yang didapat oleh sang penuntut ilmu itu sendiri.

4. Dapat Menghapus Dosa

Sama seperti jenis ibadah sedekah lainnya, bersedekah kepada penuntut ilmu tentu dapat menghapuskan dosa kita. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top