Alasan Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Buah Pepaya Selama Ramadhan 

Selama bulan Ramadhan tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup. Menurut pakar kesehatan, salah satu upaya untuk menambah nutrisi dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Sebab buah-buahan mengandung banyak serat, potasium, dan vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh. 

Buah tersebut diantaranya adalah pepaya. Pepaya dipercaya dapat memperlancar pencernaan sebab buah ini kaya akan serat dan kandungan air. Pepaya juga mengandung enzim yang dapat membantu menghancurkan makanan serta sebagai jaringan pelindung yang melapisi saluran pencernaan. Wah, bermanfaat sekali ya. 

Yuk, kita simak alasan mengapa kita harus mengonsumsi buah pepaya di bulan puasa ini. 

  1. Melancarkan Pencernaan 

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa buah pepaya berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Selain karena kandungan seratnya, buah pepaya memiliki enzim papain yang membuat protein dapat lebih mudah dicerna. Hal ini tentu berkaitan dengan sistem metabolisme kita yang berubah saat berpuasa. Nah, mengkonsumsi buah pepaya dapat menjadi salah satu solusinya. 

  1. Memenuhi Nutrisi Tubuh 

Buah pepaya dapat memenuhi nutrisi tubuh sebab buah ini mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi. Selain itu buah pepaya juga memiliki karotenoid, yakni antioksidan sehat. Buah pepaya dapat menyerap antioksidan ini lebih baik dibanding buah dan sayuran lainnya. 

  1. Meningkatkan Imunitas 

Selain iman, selama bulan puasa imun juga harus ditingkatkan. Hal ini disebabkan oleh pola makan dan tidur kita yang berubah. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa pepaya kaya akan vitamin C. Nah, vitamin C inilah yang dapat meningkatkan imun kita. Sehingga dengan mengkonsumsi buah pepaya, imun kita pun senantiasa terjaga. 

  1. Mengandung Anti Kanker 

Meskipun bentuknya sederhana, buah pepaya ternyata memiliki lycopen yang mengandung anti kanker. Kandungan tersebut diyakini dapat meminimalisir radikal bebas yang kerap menyebabkan pertumbuhan sel kanker. 

Hebatnya lagi, di antara 14 buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, buah pepaya lah yang memperlihatkan aktivitas anti kanker. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit 

Kulit kerap mengalami kekeringan saat berpuasa. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya asupan cair. Untuk itu, mengkonsumsi buah pepaya menjadi solusi yang tepat agar kulit tetap sehat di bulan Ramadhan. Vitamin C dan lycopen dalam buah ini dipercaya dapat melindungi kulit dan membantu meminimalisir tanda-tanda penuaan dini. 

  1. Mencegah Sakit Radang 

Karena kekurangan cairan, saat puasa sering kali tenggorokan kita merasa sakit. Untuk mencegah hal tersebut kita dapat mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya mengandung antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi gejala radang. 

Itulah berbagai manfaat yang dapat kita rasakan saat mengkonsumsi buah pepaya. Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas tubuh kita dapat lebih menyesuaikan dengan kondisi saat berpuasa. 

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top