Macam Tanaman Herbal

Meskipun teknologi dan ilmu kesehatan pada masa Rasulullah SAW belum secanggih sekarang, ternyata saat itu sudah berkembang ilmu tentang obat-obatan herbal, lho, yakni obat-obatan yang berasal dari tanaman, atau biasa disebut tanaman herbal. Jenis tamanan tersebut diyakini dapat menyembuhkan seseorang dari suatu penyakit. Bahkan, Rasulullah SAW menganjurkan beberapa tanaman herbal kepada para sahabat beliau. Berikut adalah tanaman obat-obatan berdasarkan anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Zaitun

Tidak dapat dipungkiri, meskipun teknologi kesehatan zaman sekarang sudah berkembang pesat, namun kita malah sering menjumpai produk olahan dari tanaman zaitun, contohnya minyak zaitun. Nah, sejak zaman Nabi Muhammad SAW tanaman zaitun pun kerap digunakan sebagai obat.

Abu Na’im mengungkapkan bahwa Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi (saw) menyatakan, “Makan minyak zaitun dan oleskan (secara lokal), karena ada obat untuk tujuh puluh penyakit di dalamnya, dan salah satunya adalah kusta.” Berdasarkan hadits tersebut dapat diketahui bahwa tamanan zaitun dapat menyembuhkan tujuh puluh penyakit, artinya luar biasa manfaat dari tanaman yang satu ini.

Tak hanya itu, zaitun pun diyakini dapat menyembuhkan penyakit wasir dengan cara memijatkannya. Manfaat-manfaat tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki oleh tanaman zaitun, yaitu  asam palmatic, asam oleat, asam linoleat, asam steanat, asam miristat dan gliserida.

Henna

Kebanyakan dari kita, khususnya perempuan pasti pernah mendengar kata ‘henna’. Ya, henna merupakan pewarna yang dibuat dari tanaman bernama Lawsonia inermis, henna pun juga biasa disebut dengan pohon pacar. Henna banyak ditanam di wilayah Sudan dan India yang hingga saat ini masih digunakan untuk bahan kosmetik.

Selain digunakan sebagai cairan penghias kuku atau tangan, henna ternyata memiliki khasiat di bidang kesehatan. Dijuluki sebagai tanaman ajaib, henna mengandung banyak zat yang dapat menyembuhkan seperti tanin serta memiliki efek anti-mikroba dan anti virus. Henna diyakini dapat menyembuhkan bisul, kutil, infeksi, serta pembentukan ulterasi dan kerak.

Siwak

Tanaman herbal selanjutnya adalah tanaman yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut. Ya, tanaman tersebut adalah siwak dan miswak. Sejak zaman dahulu, ranting siwak menjadi yang paling banyak digunakan. Beberapa hadits menyembutkan tentang bersiwak:

طيِّبُوا أفواهَكُم بالسواكِ ، فإِنَّها طُرُقُ القرآنِ 

“Mulutmu adalah jalan Al-Quran maka bersihkanlah dengan bersiwak.” (HR Abu Nu’aim dalam dalam Al-Hilyah dari jalur Ali bin Abi Thalib. Hadits ini juga diriwayatkan Ibnu Majah) Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda tentang pentingnya bersiwak sebelum melaksanakan sholat. Beliau bersabda: 

صلاة بسواك خير من سبعين صلاة بغير سواك 

“Sholat yang didirikan setelah bersiwak lebih baik nilainya 75 kali lipat daripada sholat yang dilakukan tanpa diawali dengan bersiwak.” (HR Abu Dawud dan Al Hakim, keduanya menshahihkan hadits ini). 

Kandungan astringen, deterjen, dan abrasive yang ada pada tanaman siwak dapat menghilangkan plak pada gigi.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top