Berkah dengan Adab Memasak

Sebagai umat muslim, kita tahu bahwa Islam merupakan agama mulia yang telah mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Jika kemarin kita sudah membahas tentang adab pergi ke kamar mandi, kali ini kita akan berkenalan dengan adab memasak. Ya, merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan setiap harinya, ternyata memasak juga memiliki adab yang harus ditaati, lho. Kira-kira apa saja ya, adab memasak tersebut? Yuk, kita pelajari berikut ini agar dalam memasak menjadi lebih berkah.

  1. Mengambil Wudhu Sebelum Memasak

Sebagian dari kita, mungkin masih asing dengan kebiasaan berwudhu sebelum memasak. Meskipun hukumnya sunnah, jika dikerjakan hal ini akan mendatangkan keuntungan. Salah satunya adalah tubuh menjadi semakin bersih sebelum masak, sehingga sajian yang dihidangkan pun akan lebih higenis.

Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yakni untuk selalu bersih dalam setiap keadaan. Begitu pula dengan memasak, supaya lebih berkah dan sehat ada baiknya kita mengambil wudhu terlebih dahulu sebelum mengolah sajian.

2. Shalat Dua Rakaat

Setelah berwudhu, kita pun dapat melaksanakan shalat sebanyak dua rakaat. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan memasak menjadi lebih berkah.

3. Membaca Doa Sebelum Masuk Dapur

Sama seperti masuk ke kamar mandi, kita pun harus membaca doa sebelum masuk ke area memasak, yaitu dapur. Meskipun doanya tidak secara khusus untuk dapur, namun doa ini akan membuat masakan kita mengandung keberkahan, baik dalam prosesnya maupun saat menghidngkannya.

Doa masuk dapur adalah sebagai berikut, “Robbanaa Aatinaa mil ladunka rohmatan wahai yik lanaa min amrinaa rosyadaa.”

Selain membaca doa sebelum masuk dapur, kita pun dianjurkan untuk membaca basmallah sebelum beraktivitas di dapur. Contohnya saat mencuci beras dan buah, menyalakan kompor, menuang minyak, dan lain-lain. Dengan begitu, masakan yang dihasilkan pun akan mengandung banyak berkah.

4. Mengaduk Makanan dari Kanan ke Kiri

Meski sering terkecoh akibat kesibukan di dapur, jangan lupa untuk mengaduk makanan dari arah kanan ke kiri. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang mendahulukan sebelah kanan saat melakukan aktivitas apapun. Oleh karena itu, saat memasak pun sebaiknya kita mengaduk makanan dari arah kanan, kemudian baru ke kiri.

5. Melantukan Shalawat dan Beristighfar

Ketika memasak, umat muslim dianjurkan untuk melantunkan shalawat dan istighfar sebanyak tiga kali. Sebab hal tersebut dapat membuat makanan lebih berkah. Selain itu, shalawat serta istighfar juga akan mencegah setan untuk menyantap masakan kita.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top