Keutamaan Kurban yang Harus Diketahui!

Sebagai umat Islam, sudah sepantasnya untuk memahami keutamaan kurban agar dapat memantapkan hati untuk melaskanakannya.

Kurban merupakan ibadah sunah kafiyah yang dilakukan dengan menyembelih hewan berupa sapi, kambing, atau unta.

Ibadah ini bahkan dapat dikatakan sebagai keharusan bagi orang yang memiliki kelapangan harta, hal tersebut sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadis.

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (harta), sedangkan dia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami.” (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Ibadah ini tentunya bukan ibadah yang mudah dilakukan, bahkan bagi orang kaya sekalipun. Menyisihkan harta yang tidak sedikit jumlahnya untuk suatu ibadah membutuhkan keimanan yang tinggi.

Untuk itu, tentu saja keutamaan atau ganjaran yang didapat dari melakukan ibadah ini juga sangat baik.

Keutamaan Kurban

1. Meningkatkan Ketakwaan

Keutamaan yang paling utama dari melaksanakan ibadah kurban adalah meningkatkan ketawkaan kepada Allah SWT.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menyisihkan uang untuk beribadah tentunya membutuhkan keimanan yang kuat. Setelah melaksanakannya, maka ia akan menjadi seseorang yang lebih bertakwa.

Selain itu, dalam Q.S Al Maidah ayat 27, Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa.”

Berdasarkan ayat tersebut, dapat dipahami bahwa orang-orang yang berkurban adalah orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

Orang-orang yang telah berniat dan melaksanakan ibadah kurban membuktikan bahwa mereka memiliki niat untuk melakukan hal baik dengan berbagi kepada sesama, dan hal tersebut disukai oleh Allah.

2. Menambah Amal Kebaikan

Allah berjanji akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi setiap Muslim yang menggunakan hartanya untuk berkurban. Tertulis dalam HR Ahmad dan Ibnu Majah, “Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.”

Allah bahkan memerintahkan malaikat-Nya untuk memberikan kabar gembira pada setiap hambanya untuk berkurban dan mendapatkan kebaikan dari-Nya.

Lebih dari itu, hewan-hewan yang disembelih saat kurban akan menjadi saksi di hari perhitungan nanti.

3. Tanda Bersyukur kepada Allah

Setiap orang di muka Bumi telah diberikan rezeki oleh Allah, harta yang telah diberikan kepada hamba-Nya tidak lain adalah untuk berbagi kepada sesama.

Maka dari itu, membagikan sedikit hartanya dengan cara berkurban merupakan salah satu tanda bahwa sang hamba bersyukur atas rezeki yang telah diberikan kepadanya.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top