Sayuran Favorit Rasulullah SAW

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Oleh karena itu, disebutkan bahwa beliau menganut pola makan flexitarian, yakni sebagian besar makanannya berasal dari buah dan sayuran. Bahkan, sebuah hadist menyebutkan Nabi Muhammad SAW kerap memberikan anjuran kepada para sahabat beliau mengenai sayuran yang kaya akan manfaat. Mau tahu apa saja beberapa sayuran itu? Berikut penjelasannya.

  1. Labu

Labu menjadi salah satu sayuran kesukaan Nabi Muhammad SAW. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW selalu memilih labu di antara hidangan lainnya, sekalipun hidangan tersebut berupa daging mewah. Selain rasanya yang manis, sayur labu juga memiliki banyak manfaat, lho. Dengan kandungan vitamin A, C, E dan B, serta beta karoten sayur ini dapat mengurangi resiko kanker, memperkuat imun tubuh, menstabilkan tekanan darah, dan dapat menjadi makanan saat diet.

2. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu yang wajib ada pada hampir setiap olahan masakan. Pada zaman Rasulullah SAW, bawang putih biasa dikonsumsi dengan cara mentah dan juga digoreng. Selain aroma dan rasa yang sangat berpengaruh dalam masakan, bawang putih juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti dapat menjadi antibiotik yang kuat, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, memperkuat sistem imun, serta mencegah flu.

3. Timun

Di Indonesia, timun biasanya menjadi salah satu lalapan atau teman makan. Berbeda dengan pada zaman Rasulullah dulu, beliau biasa menyantap timun bersama kurma. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa timun merupakan snack sehat Rasulullah SAW. Selain rasanya yang menyegarkan, timun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya banyak mengandung oksidasi yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah dehidrasi, membantu menurunkan berat badan, serta memperlancar pencernaan.

4. Bit

Salah satu umbi-umbian asal Mediterania ini, ternyata menjadi favorit Rasulullah SAW. Beberapa hadist menyebutkan kebiasaan Rasulullah menyantap buah bit bersamaan dengan jelai atau barley. Dengan kandungan folat, serat, mangan, kalium, zat besi, sampai vitamin C buah bit menyumbang banyak manfaat bagi tubuh. Seperti meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan kesehatan otak, membantu melawan inflamasi, serta membantu menurunkan berat badan.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

Sigma Siaga

Online

Sigma Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top