Tips Mudik di Bulan Ramadhan

Pulang kampung atau dikenal juga sebagai mudik, merupakan salah satu budaya di bulan Ramadhan yang dilakukan oleh umat muslim khususnya di Indonesia. Mudik atau pulang kampung sendiri memiliki makna yang sama dengan sebutannya. Pulang kampung adalah kegiatan bagi para perantau untuk pulang ke kampung halamannya. Biasanya kegiatan ini identik dengan hari raya keagamaan seperti Lebaran.

Kegiatan ini juga biasanya dilakukan secara bersama-sama dan masif di seluruh Indonesia. Terutama pada pekan yang dekat dengan hari raya. Maka dari itu jalur lalu lintas akan dipenuhi oleh kendaraan-kendaraan yang membuatnya macet. Seringkali pula kegiatan ini merupakan kegiatan yang melelahkan sebab pemudik mengalami perjalanan yang jauh sekaligus kondisi lalu lintas yang padat.

Selain itu, mudik tahun ini juga masih berbarengan dengan terjadinya pandemi COVID-19, yang menjadikan kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun, berpulang ke kampung halaman tetap harus menjadi kegiatan yang mengasyikkan sekaligus juga aman. Agar kegiatan mudik tetap seru dan selamat sampai tujuan, mari simak tips-tips berikut ini.

  1. Melakukan Vaksinasi juga Booster

Seperti yang sudah diketahui, bahwa saat ini pandemi COVID-19 masih terjadi di berbagai negara, dan salah satunya adalah Indonesia. Maka, agar pemudik tetap sehat dan tidak terjangkit virus tersebut, sebelum melakukan perjalanan pulang kampung ada baiknya untuk melakukan vaksinasi juga booster. Untuk booster sendiri hanya diperkenankan bagi orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas, jadi untuk remaja dan anak-anak, cukup untuk melakukan vaksin dosis satu dan dua.

Selain untuk tetap menjaga kesehatan dan terhindar dari virus, vaksin juga merupakan salah satu syarat untuk melakukan perjalanan mudik. Jadi bila belum vaksin maka pemudik terpaksa tidak pulang kampung.

  1. Jaga dan Cek Kesehatan Tubuh

Perjalanan yang jauh dan panjang, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat, membutuhkan kondisi tubuh yang sehat juga fit. Tentunya kondisi tubuh yang sehat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan selain itu yang terpenting adalah keselamatan pemudik. Jika tubuh sedang tidak fit maka kemungkinan untuk kehilangan fokus akan semakin besar dan untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan maka pikiran yang fokus amat dibutuhkan terutama dalam perjalanan jauh.

Golongan seperti ibu hamil dan lansia juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan sekaligus melakukan konsultasi ke dokter sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan pemudik bergolongan tersebut.

  1. Cek Kesediaan Kendaraan

Bagi pemudik yang membawa kendaraannya sendiri, alangkah baiknya untuk meninjau keadaan dan keamanan kendaraannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan pemudik terutama yang melakukan perjalanan jauh. 

Kondisi lalu lintas yang tak terduga juga medan jalan yang jauh menjadi rintangan untuk sampai ke kampung halaman. Maka dari itu kendaraan yang kondisinya baik sangat diperlukan agar tak terjadi hal yang tak diinginkan saat sedang dalam perjalanan. 

mudik
  1. Buat Diri Anda Senyaman Mungkin

Perjalanan jauh bisa sangat melelahkan, maka dari itu kenyamanan dalam perjalanan akan membuatnya terasa lebih menyenangkan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat pemudik menjadi nyaman, seperti membawa pakaian hangat, bantal, atau sekadar earphone untuk mendengarkan musik.

Selain itu jika pemudik memiliki gangguan kesehatan, maka sangat dianjurkan untuk membawa obat-obatan pribadi atau obat untuk sekadar meredakan sakit kepala.

  1. Siapkan Rute Perjalanan

Pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk mempersiapkan rute perjalanannya. Terutama jika baru pertama kali melakukan mudik dengan kendaraan pribadi.

Pemudik dapat melakukan persiapan seperti meninjau rute tercepat juga teraman. Selain itu pemudik juga dapat meninjau tempat-tempat peristirahatan, SPBU, atau tempat makan sebelum memulai perjalanan. Hal-hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keadaan arus mudik yang tak terduga, mempercepat perjalanan yang ditempuh, juga membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Kepadatan arus mudik seringkali mempersulit pemudik untuk pulang ke kampung halamannya selain itu hal tersebut juga membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Namun dengan membaca tips-tips di atas, diharapkan pemudik akan melewatkan perjalanannya dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

butuh bantuan

Kami di sini untuk membantu Anda

Customer Support

SIGMA Siaga

Online

SIGMA Siaga

ada yang dapat kami bantu 00.00
Scroll to Top